Biaya Tambahan Untuk Penerbangan Berbiaya Rendah

Keberadaan maskapai penerbangan berbiaya rendah memang membuka kesempatan bagi lebih banyak orang untuk berlibur ke berbagai negara dengan pesawat terbang.

Tetapi jangan terkecoh oleh harga yang tertera karena total harga tiket bisa dua kali lipat setelah ditambah dengan berbagai biaya,seperti cek bagasi, makanan dan minuman, asuransi, atau pemilihan tempat duduk.

Hapus semua pilihan jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk penerbangan Anda. Tentu saja pertimbangkan kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan menghilangkan semua biaya tambahan itu. Tujuannya, agar pada hari H, Anda tak perlu membayar biaya lebih mahal untuk kebutuhan yang seharusnya sudah bisa Anda pesan secara online.

Untung maskapai penerbangan domestik Indonesia belum memberikan biaya ekstra untuk hal itu. Meski demikian, menurut Utiket.com, tak ada salahnya Anda lebih mencermati komponen biaya yang harus dibayar sebelum menekan tombol beli, seperti di bawah ini:

Biaya bagasi. Biaya tambahan untuk memeriksa bagasi adalah hal terbesar yang harus dihadapi. Pada tiket promo untuk penerbangan jarak dekat, biaya untuk cek bagasi dengan berat 30kg bisa setengah dari harga tiket. Misalnya, tiket promo dengan AirAsia dari Jakarta ke Denpasar hanya Rp295,000, dan akan dikenakan Rp150.000 biaya tambahan untuk cek bagasi dengan berat 30kg. Namun jika Anda membayar di bandara, kemungkinan besar harga lebih tinggi 20%. Nah, untuk meminimalkan biaya tambahan bagasi, bawalah barang secukupnya atau hanya membawa koper yang bisa dibawa ke kabin. Berat maksimal koper semacam itu adalah tujuh kilogram untuk setiap maskapai.

Pemilihan tempat duduk. Kebanyakan maskapai penerbangan berbiaya rendah menawarkan pilihan prioritas naik pesawat: membiarkan Anda naik pesawat pertama. Karena Anda sudah punya tempat duduk ketika check-in. Hal itu tidak begitu menguntungkan jika Anda hanya bepergian dengan jarak dekat dan secara individu. Pemilihan tempat duduk akan menguntungkan jika Anda bepergian secara berkelompok. Jadi, buat apa membuang uang untuk pemilihan tempat duduk.

Biaya mengubah penerbangan atau nama. Memang dimungkinkan untuk mengubah atau mengganti nama dan penerbangan di semua maskapai,namun akan dikenakan biaya yang cukup tinggi. Mudah untuk membuat kesalahan ketika Anda memesan tiket pesawat, jadi periksa secara menyeluruh penerbangan, nama dan tanggal yang benar.

Sumber: http://www.readersdigest.co.id/travel/traveler/biaya.ekstra.penerbangan.tarif.rendah/006/002/53